NetBeans tidak bisa dibuka setelah update java

NetBeansSetelah selesai melakukan update java, ternyata program NetBeans di komputer saya tidak bisa dijalankan. Awalnya saya tidak mengerti apa yang harus dibuat, alternative yang mungkin dilakukan adalah melakukan reinstal alias instal ulang program NetBeans. Saya jadi berpikir kalau seandainya saya melakukan instal ulang program NetBeans maka kemungkinan plugin yang saya instal di NetBeans harus diinstal ulang juga, wah jadi repot padahal plugin tersebut saya instal secara online.

Karena NetBeans tidak bisa dibuka setelah update java, dan saya menggunakan Ubuntu akhirnya saya mencoba NetBeans dari terminal:


/opt/netbeans-7.3/bin/netbeans adalah lokasi dimana NetBeans diinstal (mungkin lokasinnya akan berbeda di komputer Anda). Apa yang saya dapat? Tenyata muncul pesan Cannot find java. Please use the –jdkhome switch., wah ada clue alias petunjuk :p, langsung deh cari di Google, akhirnya mendapat informasi bahwa kita perlu mengubah file netbeans.conf untuk mengganti lokasi dimana kita menginstal java. Untuk mengubahnya silahkan silahkan ketik perintah berikut:

Cari barisan yang dengan tulisan “netbeans_jdkhome” dan ganti sesuai dengan lokasi penginstalan java Anda:

Simpan perubahan dan sekarang silahkan jalankan NetBeans. Jika Anda bingung bagaimana mengupdate java dikomputer Ubuntu Anda silahkan baca tutorial instal Oracle java 7, karena antara menginstal dan mengupdate sama saja, jika anda mau mengupdate tinggal hapus saja instalasi java yang lama dan Anda ganti dengan instalan yang baru.

Jangan lupa ya setelah membaca berikan juga +1 Google anda di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the original source. Original Post by catatanbelajar.com, written by , Google plus profile.

7 thoughts on “NetBeans tidak bisa dibuka setelah update java

Add yours

  1. punya saya ndak bisa dibuka setelah splash pesannya gini:

    Java HotSpot(TM) Client VM warning: ignoring option PermSize=32m; support was removed in 8.0

    Ada solusi mas? Sebelumnya saya install plugin iReport… thx

    1. Haha… saya ketemu jawaban di sini http://askubuntu.com/a/569606/115733 (becanda :D), saya ada juga lho jawab di situ dengan user “Idham Perdameian”

      Sepertinya itu bukan karena pengaruh install plugin iReport, sebelumnya mungkin mas menggunakan JDK 7/6 dan sekarang menggunakan JDK 8, hal tersebut disebabkan JDK 8 tidak menerima parameter PermSize=32m;, jadi solusinya buka gksu gedit "/opt/netbeans-x.x.x/etc/netbeans.conf" seperti tutorial di atas ganti x.x.x dengan versi netbeans, coba cari parameter PermSize=32m; dan hapus saja, kalo gak salah dibaris netbeans_default_options.

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑