Cara menangani atau menangkap multi error di php

Menangani atau menangkap multi error – Halo sahabat Catatan Belajar, berjumpa lagi dengan saya penulis tetap pada website ini. Judulnya tutorialnya kedengaran aneh ya? maklum indonesiasisasi :D, jika dalam bahasa Inggris biasanya ditulis PHP error handling.

Saya mau membagikan sedikit cuplikan kode PHP tentang cara menangani kesalahan dalam kode PHP dengan cara menangkap/catch galat/ error tersebut.

PHP error handling
Kredit: LearnComputer

Kode program penangkap error

Ini dia contoh kodenya untuk menangani kesalahan dalam PHP

Penjelasannya kode menangani/ menangkap multi error

Pertama kita harus membuat kelas ValidasiNamaException, dan kelas B sebagai pembandingnya, dalam kode program ketika sesuatu terjadi kita akan membuat sebuah trigger yang menyatakan telah terjadi error, misal kesalahan karena validasi nama salah, oleh karena itu kita melemparkan kode kesalahan tersebut ke kelas ValidasiNamaException dengan kode throw new ValidasiNamaException;

Pada baris kode ke-6, kita akan menangkap kejadian error tersebut, di sinilah letak multi error yang kita tangkap karena kita menggunakan kelas Exception, dimana kelas tersebut adalah kelas induk dari ValidasiNamaException maupun B.

Untuk mengecek kesalahan mana yang sudah kita tanggkap kita menggunakan pengecekan $e instanceof ValidasiNamaException ataupun $e instanceof B untuk membuat langkah selanjutnya.

Catatan Akhir:

Jika masih ada yang belum dimengerti mengenai tulisan di atas, silahkan tanya di bagian komentar di bawah ya. Supaya mendapat notifikasi jika jawabannya dibalas silahkan centang pilihan "Beri tahu saya komentar baru melalui email" sebelum mengirim komentar.

Catatan Belajar juga hadir di Facebook, dukung tulisan kami dengan klik tombol suka ini ya:

Sekian, semoga tulisan dengan judul Cara menangani atau menangkap multi error di php ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam penulis, Ivo Idham Perdameian

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑