Active record dalam satu model pada framework CodeIgniter

Kembali dengan tutorial CodeIgniter, kali ini om Ivo Idham Perdameian mencoba untuk menjelaskan tentang active record dalam framework CI, sebelumnya saya pernah menulis tutorial yang sama dengan tutorial ini, bila teman-teman berkenan silahkan baca tulisan Active Record CI, nah pada tulisan kali ini intinya tidak jauh berbeda dengan yang pernah saya bahas sebelumnya cuma kali ini akan active recordnya sudah saya sederhanakan dan ditambah beberapa fitur yang lainnya.

Saya beranggap bahwa teman-teman sudah mengerti tentang framework PHP satu ini, sehingga saya akan menjelaskan point-poinnya saja. Dalam percobaan kali ini saya menggunakan CodeIgniter versi terbaru, dan saya menggunakan fresh install artinya setelah download dari website resmi dan langsung ekstrak ke web direktori htdocs jika menggunakan xampp, direktori www jika menggunakan wamp.

Source model aktive record

Dalam tulisan Active record pada framework CodeIgniter ini akan saya sertakan source kode lengkapnya.
Oke berikut model aktive record yang sudah saya sederhanakan, silahkan buat dalam direktori ./application/models/model.php:

Selanjutnya berikut adalah sql dari database yang kita gunakan.

Nah karena kita menggunakan CI fresh install saya akan menggunakan controller dan view yang sudah ada yaitu ./application/controllers/welcome.php dan ./application/views/welcome_message.php

Sudah? oke kita langsung praktekkan penggunaan model tersebut, sebelumnya pastikan teman mengatur konfigurasi ke databasenya dulu di file ./application/config/database.php dan di sini saya akan membuat model yang kita buat menjadi autoload sehingga tidak perlu meload model dalam setiap penggunaan caranya buka file ./application/config/autoload.php, cari baris yang terdapat kode berikut $autoload[‘model’] = array();, nah karena file model kita adalah model.php, silahkan ubah menjadi $autoload[‘model’] = array(‘model’);. Selain itu jangan lupa juga meload library database, lihat baris bawahnya di situ terdapat kode $autoload[‘libraries’] = array();, silahkan ubah menjadi $autoload[‘libraries’] = array(‘database’);

Selanjutnya kita akan membahas tuntas satu per satu cara penggunaan dari model yang kita pakai tersebut, tentunya dengan pembahasan yang sesederhana mungkin agar mudah dipahami, dan tentunya tutorialnya agak menjadi panjang. Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa tanda komentar pada source code adalah sebagai contoh pembanding atau hanya sebagai penjelasan.

Saya akan memulai yang mudah dulu ya, yaitu untuk penggunaan fungsi save dan update.
Silahkan perhatikan baris 85 kode program pada file model.php, jika ingin menyimpan cukup seperti ini :

Selanjutnya perhatikan barisan 99, itu merupakan barisan kode untuk mengupdate data. Berikut contoh penggunaannya :

Selecting data atau pemilihan data

Pembahasan selanjutnya adalah tentang selecting data atau pemilihan data untuk fungsi get pada baris 16 model.php baik itu menggunakan kriteria, pengurutan(order) dan lain-lain, ayo kita mulai saja.

Menampilkan data Active Record

Untuk tampilan data saya tidak jelaskan di sini atau mau lihat ditutorial sebelumnya juga boleh, untuk itu silahkan langsung saja download script program control dan viewnya, jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya pada bagian komentar.

Sekarang tinggal teman-teman kembangkan cara penggunaan Active Record Codeigniter ini sesuai dengan keperluan teman-teman masing-masing, bahkan bisa juga menambahnya bila masih kurang cocok. Semoga tutorial tentang Active record dalam satu model pada framework CodeIgniter ini bermanfaat buat sahabat CB dan jangan lupa berikan juga +1 Google sahabat di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the original source. Original Post by catatanbelajar.com, written by , Google plus profile.

5 thoughts on “Active record dalam satu model pada framework CodeIgniter

Add yours

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑