Script PHP menghitung waktu loading dan performa website

Apakah pernah terpikirkan oleh Anda pada saat melakukan pemograman berapa banyak resource yang digunakan baik itu prosessor, memori komputer ataupun lamannya loading sebuah website dan performanya? Yuppp…. Anda membaca tutorial yang tepat karena di sini akan saya tunjukkan bagaimana cara mengoptimalkan dan melakukan pemrograman yang baik khususnya bahasa pemograman PHP dalam hal ini web developer. Sangatlah penting bagi Anda untuk memperhatikan struktur penulisan misalnya penggunaan tab, penggunaan huruf besar dan kecil, penamaan sebuah variabel, dan lain-lainnya karena hal tersebut sangat mempengaruhi pada kenyamanan kita sendiri dan orang lain dalam melihat kode program yang telah kita buat. Berikut saya tunjukan sedikit contoh struktur penulisan yang baik dan “tidak baik”.
Contoh penulisan kode program yang baik Script PHP menghitung waktu loading dan performa website
Nah lebih enakan mana? Yang gambar di atas atau gambar yang di bawah ini?
Contoh penulisan kode program yang buruk Script PHP menghitung waktu loading dan performa website
Benar gambar yang paling atas lebih enak dilihat karena struktur penulisan sudah standar, disertai tab dan komentar agar lebih mudah dipahami. Selain itu hal yang paling penting adalah logika pemograman Anda sendiri yang lebih menentukan, misalnya banyak saya temukan orang melakukan pemograman yang berbelit-belit untuk menyelesaikan suatu masalah padahal ada cara sederhana tanpa perlu panjang-panjang menulis kode program dan hasilnya sama, nah semua itu tergantung dari logika pemograman Anda.

Ooopppsss…. Tanpa sadar sudah agak menyimpang nih dari topik dan judul di atas hihihihi…. 😀 nanti malah gak sesuai dengan keyword dan google malas nge-crawler hehehe…

Yuk kembali ke topik, nah berikut saya bagikan script php untuk menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk menjalankan kode program yang telah Anda buat. Karena ini merupakan postingan yang diedit dari postingan sebelumnya, berikut kode lama yang saya tuliskan :

Simpan kode di atas ke dalam sebuah file misalnya index.php, karena sudah saya jelaskan dalam komen program jadi saya tidak menjelaskan lebih lanjut intinya untuk menghitung waktu load Anda harus menaruh perintah timer_start() pada bagian atas, dan timer_stop() pada bagian akhir / bawah dari script Anda. Saya merasa kode di atas kurang akurat untuk itu saya buat kode yang baru yang diambil dari core framework CodeIgniter, berikut kodenya :

Karena sangat pentingnya optimalisasi dalam penulisan kode program makanya terdapat aplikasi seperti debugger seperti JMeter, PHPUnit, dan lain-lainnya.

Akhir kata saya ucapkan semoga artikel ini bermanfaat 🙂 dan jangan lupa berikan juga +1 Google sahabat di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the original source. Original Post by catatanbelajar.com, written by , Google plus profile.

3 thoughts on “Script PHP menghitung waktu loading dan performa website

Add yours

  1. Kq Error ya? Mohon Pencerahan,. 😀

    Waktu yang dihabiskan untuk menampilkan website ini adalah :
    Fatal error: Call to undefined function timer_end() in C:UsersEengengDesktoptestindex.php on line 8

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑