Mengaktifkan Java Plugin untuk Google Chrome & Firefox?

Pertanyaannya adalah begini: Bagaimana cara mengaktifkan/ install Java Plugin untuk Chromium, Google Chrome dan Firefox di Sistem Operasi Ubuntu jika saya sudah menginstal JDK atau JRE secara manual?

Wah tampaknya sih sebuah pertanyaan biasa, tapi tidak bagi saya. Jika anda sudah melakukan instalasi java di komputer anda melalui apt atau Ubuntu Software Center, tentu saja anda tidak akan menemui masalah seperti ini.

Java Plugin Browser
Kredit: Udemy

Suatu ketika saya ingin mengunduh video dari Youtobe menggunakan salah satu website yang menawarkan jasa pengunduhan (download) streaming video, Nah website tersebut meminta saya untuk menginstal java supaya servisnya bisa berjalan padahal saya sudah menginstal java secara manual, tetapi belum terdeteksi. Dari pada saya menginstal java ke dalam sistem lebih baik saya menggunakan java yang sudah ada yang terinstal secara manual tersebut.

Selingan: Sudah tahu Dropbox? Ya untuk menyimpan file secara cloud atau online, silahkan daftar secara gratis di Website Dropbox, lumayan dapat ruang penyimpanan 2GB free space.

Baca artikelnya cara install Dropbox.

Cara mengaktifkannya cukup mudah, berikut cara yang juga saya temukan di situs askubuntu.com dan akan saya bagikan di sini:

Java Plugin di Google Chrome

Jika anda menggunakan Google Chrome yang diunduh di web google, terlebih dahulu anda harus membuat sebuah direktori yang dinamakan “plugins” di tempat instalasinya, di komputer saya google chrome terinstal di /opt/google/chrome, nah buat sebuat direktori/ folder yang namanya “plugins”, jika direktori/ folder tersebut sudah ada abaikann saja langkah ini:

Jika sudah selesai membuat direktori “plugins” tadi sekarang waktunya membuat Symbolic link:

Dengan kode di atas maka symbolic link file libnpjp2.so berhasil dibuat ke direktori /opt/google/chrome/plugins

Java Plugin di Chromium

Tambahkan symlink (Symbolic link) sebagai berikut :

Dengan kode di atas maka symbolic link file libnpjp2.so berhasil dibuat ke direktori /usr/lib/chromium-browser/plugins

Java Plugin di Firefox

Tambahkan symlink (Symbolic link) sebagai berikut :

Ganti /opt/jdk1.7.0_09/jre sesuai dengan lokasi instalasi jre anda, semua perintah di atas diketikkan di terminal.

Jika semuanya berjalan lancar sekarang anda bisa mencoba apakah plugin tersebut sudah aktif atau belum dengan tes applet, silahkan kunjungi halaman web W3 Tes Applet atau halaman Java Tes VM.

Jika tulisan cara mengaktifkan Java Plugin untuk Google Chrome, Chromium dan Firefox di Linux Ubuntu masih belum bisa menyelesaikan masalah anda mungkin dokumentasi ubuntu bisa membantu.

Mengaktifkan Java Plugin Google Chrome dan Firefox bagi pengguna Windows

Artikel ini ditujukan untuk pengguna Linux khususnya Ubuntu, tetapi berhubungan dengan adanya pertanyaan di komentar tentang bagaimana mengaktifkan Java Plugin untuk sistem operasi Windows maka saya menambah bagian ini. Jika anda membutuhkan hanya sekedar Java Applet silahkan unduh JRE, tetapi jika anda membutuhkan Java yang sekalian untuk pemrograman, silahkan Unduh Java (JDK), sesuai dengan platform Windows anda, kemudian silahkan pasang (instal) ke komputer anda. Jika pemasangan sudah selesai silahkan tes kembali menggunakan tautan W3 Tes Applet atau Java Tes VM.

Jika anda menggunakan pramban seperti Firefox, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini setelah memasang Java:
Jika Java tidak bekerja, pastikan plugin Java telah diaktifkan di tab Add-ons Manager:

  1. Di bagian atas jendela Firefox, klik menu Alat, lalu klik Pengaya. Tab Pengelola Pengaya akan terbuka.
  2. Pada tab Pengelola Pengaya, pilih panel Plugins.
  3. Klik pada Java plugin untuk memilih menu.
  4. Klik pada tombol Enable (jika tombol menunjukan Disable, Java telah diaktifkan).

Perangkat lunak lain yang mungkin menghalangi Java
Bahkan jika telah terpasang dan diaktifkan di Firefox, Java mungkin dihalangi oleh perangkat lunak lain lain atau add-ons Firefox, seperti ekstensi NoScript untuk Firefox akan menghalangi Java.

Pembaharuan tanggal 18 Agustus 2014

Berdasarkan informasi yang saya peroleh di forum Fedora, Google Chrome versi 35 atau keatas menghapus dukungan NPAPI sehingga semua plugin yang mengandalkan NPAPI tidak bisa bekerja lagi seperti Java plugin ini. Solusinya silahkan memasang Google Chrome versi yang dibawah 35 atau menggunakan peramban web yang lain seperti Firefox yang masih mendukung NPAPI.

Catatan Akhir:

Jika masih ada yang belum dimengerti mengenai tulisan di atas, silahkan tanya di bagian komentar di bawah ya. Supaya mendapat notifikasi jika jawabannya dibalas silahkan centang pilihan "Beri tahu saya komentar baru melalui email" sebelum mengirim komentar.

Catatan Belajar juga hadir di Facebook, dukung tulisan kami dengan klik tombol suka ini ya:

Sekian, semoga tulisan dengan judul Mengaktifkan Java Plugin untuk Google Chrome & Firefox? ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam penulis, Ivo Idham Perdameian

24 thoughts on “Mengaktifkan Java Plugin untuk Google Chrome & Firefox?

Add yours

    1. Pertama pastikan dulu Sistem Operasi kamu itu Linux, dalam tutorial ini saya jelaskan untuk Linux Ubuntu. Kalau menggunakan Sistem Operasi lain ini bukan tutorialnya.

      Nulisnya di terminal. Kan sudah saya tulis di atas, berikut saya kutip ulang ya:

      Ganti /opt/jdk1.7.0_09/jre sesuai dengan lokasi instalasi jre anda, semua perintah di atas diketikkan di terminal.

    1. Untuk Google Chrome sebenarnya otomatis ngedeteksi apabila JDK atau JRE sudah terpasang di komputer, tapi untuk versi Google Chrome terbaru malah gak aktif pluginnya, mungkin ini bug dari Chrome atau memang disengaja oleh developer Google Chrome.

    1. Tergantung kebutuhan Anda mbak, jika mbaknya perlu menggunakan java applet di web browser java plugin sangat diperlukan supaya bisa berjalan dengan normal. Tanpa java plugin maka bisa dipastikan tidak akan berjalan program yang menggunakan java applet.

      Tetapi java applet terlalu beresiko dengan keamanan komputer, oleh karena itu browser Chrome menonaktifkan dukungan NPAPI sehingga java plugin tidak bisa lagi digunakan di browser Chrome. Lihat pembaharuan tulisan tanggal 18 Agustus 2014 di atas.

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑