Melepaskan memori yang digunakan oleh kernel Linux pada cache

Salam sahabat Catatan Belajar!… Saat ini saya akan berbagi pengalaman untuk pengguna linux yaitu bagaimana membebaskan memori yang digunakan oleh kernel linux pada cache, hal ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi yang namanya low memory.

Komputer yang sahabat CB miliki memiliki dua tipe memori, random access memory (RAM) dan virtual memory. Semua program yang berjalan membutuhkan RAM, namun ketika RAM tidak mencukupi untuk program yang sahabat CB jalankan, sistem operasi akan memindahkan informasi yang seharusnya disimpan di RAM ke penyimpanan sementara atau temporary, di Windows disimpan dalam bentuk sebuah file yang disebut paging file, sedangkan di linux didalam swap memory.

Jumlah data informasi yang disimpan di paging file atau swap memory juga disebut virtual memory. Dengan kata lain, memindahkan informasi ke dan dari paging file atau swap memory sampai RAM cukup untuk menjalankan program secara normal.

Masalah kekurangan memori terjadi ketika komputer sahabat menjalankan program yang mengkonsumsi banyak memori dan melebihi kapasitas RAM yang terpasang di komputer, kekurangan memori juga bisa disebabkan karena sebuah program tidak membebaskan memori ketika tidak lagi dibutuhkan, masalah ini disebut kelebihan penggunaan memori atau kebocoran memori.

Baiklah, mari kita bereksperimen, silahkan buka terminalnya dan jalankan dalam mode root.
Langkah 1: Mengindentifikasi cache memori atau memori yang tidak digunakan

Langkah 2 : Flush file system buffers

Catatan : Kernel 2.6.16.x dan yang lebih baru menyediakan mekanisme untuk memiliki kernel drop cache halaman dan / atau inode dan entri cache pada perintah, yang dapat membantu untuk membebaskan banyak memori.
Langkah 3 : Untuk membebaskan halaman cache, atau inode dan entri, atau semua.
Untuk membebaskan halaman cache

[atau] Untuk membebaskan inode dan entri

[atau] Untuk membebaskan semua

Catatan: Semua kode di atas tidak membahayakan sistem dan hanya bertujuan untuk membebaskan memori saja. Tapi Jika sahabat menulis data pada saat sahabat menjalankan perintah ini, sahabat benar-benar akan membuang data dari cache filesystem sebelum mencapai disk, yang dapat mengakibatkan hal-hal yang sangat buruk.

Langkah-langkah di atas dapat secara singkat ditulis begini:

Oke sekian dulu semoga bermanfaat buat sahabat CB (Catatan Belajar) dan jangan lupa berikan juga +1 Google sahabat di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the original source. Original Post by catatanbelajar.com, written by , Google plus profile.

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑