Istilah menggunakan kata “Multi” dalam dunia komputer

Berikut ini ada beberapa istilah dalam dunia komputer yang menggunakan kata “Multi“:

Multiprogramming

Multiprogramming merupakan salah satu teknik menjalankan beberapa program pada memori komputer dalam satu waktu atau dalam waktu yang bersamaan. Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu sehingga dengan multiprogramming akan memaksimalkan penggunaan CPU dan mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Multiprocessing

Multipengolahan (Bahasa Inggris: Multiprocessing) Multiprocessing adalah sebuah istilah yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara bersamaan. Dengan demikian mungkinkan penggunaan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer.

Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas kepada prosesor-prosesor tersebut. Multiprocessing sering diimplementasikan dalam perangkat keras dengan menggunakan beberapa CPU sekaligus.

Multiprocessing juga merujuk kepada kemampuan eksekusi terhadap beberapa proses perangkat lunak dalam sebuah sistem secara bersamaan.

Multi Accessing

Multi Accessing hampir mirip dengan Time sharing namun terdapat perbedaannya sebagai berikut:

  1. MULTI-ACCESS memberikan pengguna kesan bahwa dia adalah satu-satunya menggunakan komputer.
  2. Banyak data yang berbeda atau dari platform yang berbeda dapat diakses oleh pengguna pada saat durasi yang sama.
  3. Mengakses data atau aplikasi lain melalui banyak pengguna pada saat yang sama.

Sedangkan Time sharing adalah ketika banyak pengguna dapat memiliki akses ke data yang sama pada waktu yang sama.

Multiplexing

Multiplexing, dalam elektronik, telekomunikasi, dan jaringan komputer, multiplexing (Bahasa Indonesia: Multipleksing) adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal.

Contohnya, dalam elektronik, multipleksing mengijinkan beberapa sinyal analog untuk diproses oleh satu analog-to-digital converter (ADC), dan dalam telekomunikasi, beberapa panggilan telepon dapat disalurkan menggunakan satu kabel.

Istilah multi dalam dunia komputer
Kredit: en.wikipedia.org/wiki/Multiplexing

Multitasking

Multitasking Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer yang melakukan pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Dengan Multitasking anda bisa dengar musik dari Winamp, chatting, berselancar di internet dengan Chrome dalam waktu bersamaan.

Istilah lain yang berhubungan dengan kata Multi

Time-sharing, di dalam dunia komputer istilah ini dapat diartikan sebagai suatu proses yang membagikan sumber komputer kepada banyak pengguna seperti yang telah disebutkan dalam multiprogramming dan multi-tasking.

Distributed processing adalah manajemen banyak proses yang dilakukan oleh banyak sistem komputer yang tersebar atau terdistribusi dalam satu jaringan. Pada masa yang akan datang komputer akan lebih kearah distributed processing.

Disadur dari berbagai sumber.

Catatan Akhir:

Jika masih ada yang belum dimengerti mengenai tulisan di atas, silahkan tanya di bagian komentar di bawah ya. Supaya mendapat notifikasi jika jawabannya dibalas silahkan centang pilihan "Beri tahu saya komentar baru melalui email" sebelum mengirim komentar.

Catatan Belajar juga hadir di Facebook, dukung tulisan kami dengan klik tombol suka ini ya:

Sekian, semoga tulisan dengan judul Istilah menggunakan kata “Multi” dalam dunia komputer ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam penulis, Ivo Idham Perdameian

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑