Apache web server log viewer

Program Apache web server log viewer Apache web server log viewer begitulah judul postingan kali ini. Hmmm…. Sudah lama sekali gak menulis di blog ini, dapat dilihat tanggal antara tulisan ini dengan tulisan yang sebelumnya sangat jauh sekali jaraknya. Banyak artikel yang seharusnya dilanjutkan, karena rata-rata merupakan cerita bersambung haha… :D. Kurangnya waktu dan keletihan habis bekerja seharian memicu untuk istirahat menulis, tetapi walau bagaimanapun cerita bersambung tidak boleh berhenti di tengah jalan :). Oopp.. Sekian pengantar tulisan ini, kita lanjut ke topik pembicaraan yaitu tulisan tentang Apache web server log viewer.

Ide tercetusnya Apache web server log viewer

Oke… Berawal dari pusingnya kepala membaca log file untuk sebuah domain web server akhirnya tercetus ide untuk membuat Apache web server log viewer ini agar mudah dalam menganalisa log domain yang terjadi pada web server apache. Pertama kali Apache web server log viewer ini saya buat menggunakan program desktop yaitu vb 6 tetapi terdapat kendala karena fungsi array pada vb 6 tidak bisa menampung karakter dengan kapasitas besar dari hasil Split, misalnya terdapat string yang terdiri dari banyak karakter maka string tersebut terpotong sehingga tidak lengkap. Saya kurang paham bagaimana kalau dengan VB.NET.

Akhirnya saya beralih menggunakan program PHP, Apache web server log viewer ini tidak secanggih program log viewer lainnya yang bisa menggenerate log file menjadi sebuah repot seperti awstats yang ada pada cPanel, tetapi bila Anda tertarik Anda bisa mengembangkan program yang saya buat ini menjadi sebuah repot layaknya report yang digenerate oleh awstats tentu saja silahkan dengan mencantum sumber asal tulisan Apache web server log viewer ini. Ataupun bila Anda mempunyai pertimbangan lain Anda bisa menyimpan log ke dalam database, tetapi itu menurut saya hanya akan membuat database anda menjadi bengkak.

Langkah-langkah memulai membuat Apache web server log viewer

Mungkin banyak dari Anda sudah tau tentang web server log, tetapi saya sedikit akan menceritakan bagaimana langkah awal untuk memulai. Pertama kali Anda login ke cPanel dan pada bagian Log klik Raw Access Log, lihat gambar dibawah ini:

cPanel Raw Access Log, Apache web server log viewer

Pada Configure Logs beri centang pada pilihan pertama sehingga setiap 24 jam log akan disimpan pada web server hostingan kita, untuk pilihan kedua boleh dicentang apabila Anda ingin menghapus log pada bulan sebelumnya. Kemudian klik save.

Yup… bila log sudah ada tinggal download (format Gzip archive) dan Anda bisa menganalisis menggunakan Apache web server log viewer yang saya buat 😀 PD.

Tentang Apache web server log viewer

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, program ini sangat sederhana hanya memisahkan/memilah log file, untuk menggunakannya tinggal upload log file(format Gzip archive) dan klik GO. Berikut screenshot programnya.

Program Apache web server log viewer

Program Apache web server log viewer menggunakan datatables untuk menampilkan hasil log, silahkan download Datatables. Selanjutnya selamat berekplorasi :), untuk program lengkapnya download di sini.

Jangan lupa berikan juga +1 Google anda di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the original source. Apache web server log viewer, original Post by catatanbelajar.com, written by , Google plus profile.

10 thoughts on “Apache web server log viewer

Add yours

Tinggalkan Balasan

© 2017 oleh Catatan Belajar | Theme: Baskerville 2 by Anders Noren.

Up ↑