Bagaimana menyalin dokumentasi Laravel dengan Httrack

Dalam pengembangan aplikasi membaca dokumentasi adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan, nah pada tutorial kali ini saya akan menceritakan bagaimana cara menyalin dokumentasi Laravel dengan Httrack.

Mungkin karena beberapa alasan sehingga sahabat tidak bisa terkoneksi internet, menyalin dokumentasi Laravel adalah alternative terbaik sehingga memungkinkan kita bisa membaca dokumentasi secara offline.

Jika sahabat menyimpan dokumentasi tersebut perlaman tentu hal tersebut tidak efektif.

Baca juga Cara instalasi Laravel di Windows dan Linux Ubuntu

Nah sekarang bagaimana caranya? Cara terbaik adalah menggunakan perangkat lunak alat bantu yang sudah saya sebutkan sebelumnya yaitu Httrack. Httrack tersedia dua versi, yang pertama dengan baris perintah dan kedua dengan bentuk antar muka atau GUI, dalam contoh ini saya akan menggunakan mode command line atau baris perintah.

Sebelumnya silahkan instal dulu httracknya ya, untuk Windows di sini sedangkan Linux ketikkan sudo apt-get install httrack di terminal sobat.

Jika sudah diinstal sekarang ketikan perintah berikut di terminal (Linux) atau Command Prompt (Windows) sobat untuk membuat folder dokumentasilaravel:

Selanjutnya salinkan salah satu perintah di bawah ini ke terminal atau cmd (Command Prompt) sahabat:
Untuk mengunduh dokumentasi versi 4.0:

Untuk mengunduh dokumentasi versi 4.1:

Untuk mengunduh dokumentasi versi 4.2:

Jika sobat ingin mengunduh dokumentasinya semua sebaiknya jangan didalam satu folder dokumentasilaravel supaya tidak ditimpa oleh unduhan yang terakhir.

Kalau kamu adalah pengguna Windows, ganti tulisan httrack di atas menjadi lokasi instalasi httrack kamu, misalnya ganti dengan "C:Program FilesWinHTTrackhttrack".
Ingat sertakan tanda ( ” ) titik duanya ya.

Oke tinggal tunggu proses unduhan selesai, jika sudah maka silahkan buka direktori dokumentasilaravel yang kita buat di perintah pertama tadi dan ….. Dokumentasi Laravel tersedia deh secara offline :).

Oh ya, saya pernah menulis tutorial yang serupa tentang penggunaan Httrack untuk menyalin dokumentasi Git, silahkan cek tulisan salin website resmi git-scm.com.

Update 10 Juni 2014

  • Menambahkan beberapa kode untuk mengunduh masing-masing dokumentasi (versi 4.2, 4.1, 4.0)
  • Sejak dokumentasi versi 4.2, Laravel menambahkan dokumentasi Laravel Cashier untuk billing services dari Stripe, nah pada kenyataannya dokumentasi dari Stripe (stripe.com/docs) tersebut memiliki kesamaan tautan dengan dokumentasi Laravel (laravel.com/docs) sehingga hal tersebut menyebabkan httrack mengunduh dokumentasi dari Stripe, oleh karena itu saya perlu menambahkan kode -*/stripe.com/* pada kode di atas supaya httrack tidak mengunduh dokumentasi dari Stripe.

Oke sekian dulu ya tutorialnya semoga bermanfaat buat sahabat CB (Catatan Belajar) dan jangan lupa berikan juga +1 Google sahabat di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the live link to original source. Original Post by catatanbelajar.com, written by , .

6 thoughts on “Bagaimana menyalin dokumentasi Laravel dengan Httrack”

Tinggalkan Balasan