Cara instalasi Laravel 4 di Windows dan Linux Ubuntu

Laravel logoLaravel adalah sebuah framework PHP yang masih muda, namun demikian Laravel terus naik daun dalam kalangan programmer web. Laravel dibangun dengan beberapa komponen dari framework Symfony yang terkenal itu, sehingga memiliki landasan yang kuat dengan kode teruji dan handal.

Bagi sahabat Catatan Belajar yang pemula termasuk saya mungkin agak membingungkan bagaimana cara instalasi Laravel versi 4 di Windows dan Linux Ubuntu, berikut saya paparkan dengan pembahasan sederhana yang mudah dipahami.

Kebutuhan server
Berikut kebutuhan minimun framework Laravel versi 4
• PHP >= 5.3.7
• MCrypt PHP Extension
Jika sahabat Catatan Belajar menggunakan PHP 5.5 di distribusi Linux, kemungkinan sahabat perlu melakukan instalasi ekstensi PHP JSON secara manual karena PHP tidak mengikut sertakan JSON dalam paketnya dikarenakan konflik lisensi, lihat juga Bye bye non-free PHP JSON extension.

Jika kebutuhan server sudah memenuhi kini tinggal kita melakukan instalasi framework Laravel, jika sahabat menggunakan bundelan dari XAMPP atau yang lainnya kemungkinan kebutuhan server sudah terpenuhi. Perlu diingat bahwa kita perlu terkoneksi ke internet untuk melakukannya.

Instalasi Laravel versi 4 di Windows
Langkah 1
Instalasi Laravel di Windows terbilang cukup mudah dibandingkan dengan distro Linux. Sebelum melakukan instalasi Laravel ada baiknya sahabat mengecek apakah ekstensi openssl di php.ini sudah diaktifkan atau belum karena Laravel memerlukan ekstensi ini dalam mode CLI, jika belum silahkan buka php.ini untuk mengaktifkan ekstensi openssl dan cari tulisan ;extension=php_openssl.dll kemudian hilangkan tanda titik koma (;) didepannya dan simpan perubahan pada php.ini

Jika langkah satu ini dilewati maka akan keluar pesan berikut ini:

Some settings on your machine make Composer unable to work properly.
Make sure that you fix the issues listed below and run this script again:

The openssl extension is missing, which means that secure HTTPS transfers are impossible.
If possible you should enable it or recompile php with –with-openssl

Langkah 2
Langkah selanjutnya adalah kita memerlukan Composer untuk instalasi dan depensi manajemen framework Laravel, silahkan download Composer-Setup.exe terlebih dahulu dan install.
Install ComposerPada gambar di atas lokasi PHP saya adalah di C:xamppphpphp.exe, nah silahkan sesuaikan dengan lokasi PHP sahabat.

Langkah 3
Buka command prompt, kemudian pindah ke direktori htdocs dengan ketik cd C:xampphtdocs (silahkan sesuaikan dengan lokasi htdocs sahabat). Ketikan perintah di command prompt sebagai berikut untuk instalasi Laravel versi terbaru:

Silahkan ganti nama-proyek sesuai dengan keinginan sahabat, sekali lagi perlu diingat bahwa sahabat perlu terkoneksi ke internet untuk melakukan instalasi. Setelah instalasi selesai silahkan buka Laravel di lokasi C:xampphtdocsnama-proyek

Laravel command line windows

Catatan: Jika sahabat sudah melakukan langkah 1-3, untuk berikutnya bila mau instalasi Laravel cukup lakukan langkah 3 saja.

Instalasi Laravel versi 4 di Linux Ubuntu
Untuk distro Linux agak terasa rumit memang, tetapi asik. Perlu sahabat ketahui bahwa saya menggunakan XAMPP for Linux dan sudah terinstal di direktori /opt/lampp, saya tidak tahu bagaimana dengan sahabat? Oleh karena itu saya akan menjelaskan konfigurasi sesuai dengan bundelan paket web server dari XAMPP tersebut pada langkah 1.

Langkah 1
Saya akan menggunakan PHP dan Curl yang terdapat pada bundelan paket web server dari XAMPP tadi, nah PHP dan Curl tersebut belum terdeteksi di sistem Linux Ubuntu saya, namun apabila sahabat sudah punya instalasi web server dengan PHP dan Curl terdeteksi di sistem silahkan lewati langkah ini menuju langkah 2. Oke, supaya PHP dan Curl terdeteksi di sistem Linux maka ketikan perintah berikut di terminal:

Langkah 2
Sekarang waktunya instal Composer, ketikan perintah berikut di terminal:

Langkah 3
Sekarang waktunya instal Laravel, terlebih dahulu pindah ke direktori htdocs, pada terminal dengan ketik cd htdocs (silahkan sesuaikan dengan lokasi htdocs atau lokasi virtual host sahabat). Ketikan perintah berikut untuk memulai instalasi Laravel versi terbaru:

Silahkan ganti nama-proyek sesuai dengan keinginan sahabat, sekali lagi saya ingatkan bahwa sahabat perlu terkoneksi ke internet untuk melakukan instalasi. Setelah instalasi maka Laravel sudah terinstal di htdocs dengan nama folder nama-proyek.

Laravel install command line linux

Langkah 4
Langkah terakhir adalah mengubah permisi direktori storage, ketik di terminal perintah berikut (silahkan disesuaikan dengan direktori sahabat):

Catatan: Jika sahabat sudah melakukan langkah 1-4, untuk berikutnya bila mau instalasi Laravel cukup lakukan langkah 3 dan 4 saja.

Penutup tulisan
Silahkan jalankan web server sahabat dan buka browser ketikan http://localhost/nama-proyek/public
Selamat Laravel sudah berhasil terinstal.

Selanjutnya adalah konfigurasi virtual host, silahkan dibaca tutorialnya.

Masih belum paham? silahkan tanyakan dibagian komentar ya.

Oke sekian dulu semoga bermanfaat buat sahabat CB (Catatan Belajar) dan jangan lupa berikan juga +1 Google sahabat di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the original source. Original Post by catatanbelajar.com, written by , .

17 thoughts on “Cara instalasi Laravel 4 di Windows dan Linux Ubuntu”

  1. om ini kenapa ya pas saya mau instal composer muncul pesan seperti ini

    Some settings on your machine make Composer unable to work properly.
    Make sure that you fix the issues listed below and run this script again:

    The openssl extension is missing, which means that secure HTTPS transfers are impossible.
    If possible you should enable it or recompile php with –with-openssl

    ketika mendownload composer
    saya menggunakan PHP: 5.3.8

  2. Mas Idham, ada hal yg mau saya tanyakan, setelah berhasil menciptakan folder project (sukses sampai langkah 4), saya lihat utk 1 folder project ukurannya mencapai 16MB, apakah setiap mau buat sebuah project baru harus mengulang langkah 3-4? Klo seandainya saya punya banyak project berarti bisa memakan kapasitas HDD, mohon penjelasan

    1. Iya betul mas, setiap kali buat sebuah proyek harus mengulangi langkah tsb. Memang sudah begitu ketentuannya mas, jadi tidak bisa diubah-ubah lagi.

      Masih ada cara lain kalo mas mau, tapi agak rumit, begini: Ukuran sebesar 16MB itu sebagian besar karena folder vendor yang ada di dalam proyek yang baru di install tadi, folder vendor itu berisi semua depedensi yang dibutuhkan oleh Laravel, nah mas bisa meng-install Laravel tanpa folder vendor tersebut, tetapi dengan menggunakan folder yang sudah ada sebelumnya (dengan maksud penghematan kapasitas HDD), caranya masukan perintah buat proyek berikut composer create-project laravel/laravel nama-proyek --prefer-dist --no-install, setelah itu akan muncul error, tapi jangan kuatir, itu karena kita tidak meng-install depedensinya tadi. Sekarang buka folder proyek yang kita buat tadi terus buka dua buah file yaitu bootstrap/start.php dan ubah variabel $framework menyesuaikan lokasi dimana lokasi folder vendor yang sudah ada sebelumnya misalnya menjadi seperti $framework = $app['path.base'].'/../lokasi/folder/vendor/laravel/framework/src';, kemudian file bootstrap/autoload.php dan ubah sesuaikan lokasi folder vendor yang ada sebelumnya misalnya menjadi require __DIR__.'/../../lokasi/folder/vendor/autoload.php';

      Setelah itu cd ke dalam direktori proyek ketikan perintah php artisan, jika muncul tulisan “Laravel Framework version 4.x.x” (4.x.x itu tergantung versi Laravel) maka lokasi dimana lokasi folder vendor pada file bootstrap/start.php dan bootstrap/autoload.php sudah benar.

      Langkah terakhir adalah ketikan perintah php artisan key:generate untuk menambahkan kunci enkripsi di aplikasi.

      Yap, begitulah penjelasannya, jadi panjang lebar nih, aku dibayar berapa ya? haha…
      Kelebihannya: Hemat ruang HDD, karena semua proyek bisa menggunakan depedensi yang sama.
      Kekurangannya:

      • Tiap proyek biasanya memiliki depedensi yang berbeda, sehingga proyek yang tidak menggunakan depedensi pun terpaksa harus me-load depedensi yang ter-install di folder vendor tersebut.
      • Tiap kali install proyek harus diatur lokasi depedensinya (folder vendor)
      • Ketika proyek sudah masuk produksi, lokasi depedensinya harus diatur ulang kembali
  3. Gan pengen nanya nih, baru belajar framework soalnya.
    Kan untuk membuat project baru kita hanya melakukan dari langkah 3-4 saja seperti diatas.

    Nah untuk sebaliknya jika sy pengen hapus sebuah project gmna gan ?
    apakah bisa langsung dengan menghapus direktori projectnya ? atau mungkin ada cara via terminal biar projectnya terhapus dengan komplit ?

    Mohon penjelasannya gan,
    Makasih sebelumnya om Idham ^^

      1. ouhh gitu gan.
        Tq info nya gan.

        mau nanya lg, ane coba ngikutin step by step tutorial di atas, sudah install composernya dan sukses, tp saat mau buat project error gan, kek gini :
        ——————————————————————————–
        [ComposerDownloaderTransportException]
        The “https://packagist.org/packages.json” file could not be downloaded: SSL
        operation failed with code 1. OpenSSL Error messages:
        error:14090086:SSL routines:SSL3_GET_SERVER_CERTIFICATE:certificate verify
        failed
        Failed to enable crypto
        failed to open stream: operation failed
        ——————————————————————————–

        ane make Ubuntu 14.04
        PHP Version 5.6.3

        1. Composer itukan sebenarnya dibuat dengan kode PHP, nah hal tersebut disebabkan karena PHP tidak mengetahui dimana letak sertifikat untuk SSL, untuk mengeceknya silahkan buka terminal dan ketikan perintah ini: php -r "var_dump(openssl_get_cert_locations());" kira-kira tamiplannya kayak gini:

          Dari hasilnya coba dilihat apakah lokasi yang ditunjukan itu ada tidak di sistem Ubuntunya

        2. Atau biar gampang buka php.ini kemudian cari bagian ini ;openssl.cafile=, hilangkan tanda ; dan isi dengan lokasi sertifikatnya, misalnya openssl.cafile=/usr/local/etc/openssl/cert.pem

      2. Ane coba jalankan perintah :
        php -r “var_dump(openssl_get_cert_locations());”
        di terminal dan hasilnya sama dengan punya agan :
        ———————————————————————————-
        array(8) {
        [“default_cert_file”]=>
        string(33) “/opt/lampp/share/openssl/cert.pem”
        [“default_cert_file_env”]=>
        string(13) “SSL_CERT_FILE”
        [“default_cert_dir”]=>
        string(30) “/opt/lampp/share/openssl/certs”
        [“default_cert_dir_env”]=>
        string(12) “SSL_CERT_DIR”
        [“default_private_dir”]=>
        string(32) “/opt/lampp/share/openssl/private”
        [“default_default_cert_area”]=>
        string(24) “/opt/lampp/share/openssl”
        [“ini_cafile”]=>
        string(0) “”
        [“ini_capath”]=>
        string(0) “”
        }
        ———————————————————————————-

        ane udah buka php.ini di –> /opt/lampp/etc/php.ini
        open with gedit, ketika di find gak nemu gan keyword :
        ;openssl.cafile=

        tapi ketika ane find dengan keyword “openssl” ane cuman nemu ini gan :
        ;extension=php_openssl.dll

        trus gimana yah ?
        lokasi php.ini di lampp udah bener kan gan dimari ==> /opt/lampp/etc/php.ini

        Makasih sebelumnya gan ^^

  4. Muncul pesan error kek gini :

    [ComposerDownloaderTransportException]
    The “https://packagist.org/packages.json” file could not be downloaded: SSL
    operation failed with code 1. OpenSSL Error messages:
    error:14090086:SSL routines:SSL3_GET_SERVER_CERTIFICATE:certificate verify
    failed
    Failed to enable crypto
    failed to open stream: operation failed

    mengatasinya gmna yah gan ?

    Sebelumnya ane sudah install composernya, bundelan dari xampp for linux.
    “Composer Succesfully Installed”

    Ubuntu 14.04
    PHP version 5.6.3
    MCrypt phpinfo enabled

  5. mas mau tanya saya sudah berhasil sampai langkah 3, tapi setelah d langkah 4 nya ktnya no such file and directory, jadi itu projectnya ke simpen dimana ya mas, mohon bntuannya, soalny saya liat d htdocs gak ada projects baru yang kebuat, makasih mas, oh iya saya pake linux mas.

    1. Ini tutorial untuk Laravel versi 4 mas. Jika mas menginstal pakai composer berarti laravel yang terinstal sekarang adalah versi 5.*, dan versi 5 struktur direktorinya sudah berbeda dengan versi 4, jadi sekarang langkah 4 mas ganti dengan perintah berikut:

  6. oh iya mas berhasil, tapi gede ya filenya aja sampe 26mb, itu tinggal pindahin k htdocs ya biar bisa dpanggil dari browsernya?

  7. laravel 5 di windows ad file .ENV mas, tpi knp d linux gx ad yah mas, gmn cra atasinnya mhon solusinya mas

Tinggalkan Balasan