Belajar konsep OOP dengan bahasa pemrograman PHP – Lesson I

Belajar konsep OOP dengan bahasa pemrograman PHPBanyak sekali artikel dan tutorial yang membahas pembelajaran konsep OOP, namun hal itu masih terasa tidak memenuhi atau boleh dikatakan artikel dan tutorialnya tidak memuaskan. Nah dalam tutorial saya kali ini saya ingin membahas hal tersebut secara sederhana yang mudah dipahami untuk pemula dalam belajar konsep OOP dengan bahasa pemrograman PHP dan tutorial ini merupakan tutorial yang berkelanjutan dan saya akan bahas secara tuntas, jadi tunggu aja kelanjutan tutorial berikutnya karena tulisan ini hanya sekedar pengantar dari pembahasan yang panjang :D , setelah tutorial ini kita akan membuat source code sebagai bentuk implementasi dari pembahasan dari artikel/tutorial yang dibahas, so stay upto date via rss juga boleh.

Pengertian singkat OOP

OOP (Object Oriented Programming) adalah sebuah konsep pemograman yang berbasis objek, OOP merupakan terobosan baru dalam pemrograman setelah pemrograman prosedural, pemrograman modular dan pemrograman abstraksi data.

Kenapa harus OOP?

OOP memberikan kemudahan bagi programmer dalam pembuatan sebuah program, memberikan fleksibilitas yang lebih, kemudahan penggunaan program, dan dipakai luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Selain itu dengan pemograman OOP kode yang dibuat akan lebih mudah dikembangkan dan dirawat dalam arti seorang programer bisa menambah sebuah objek baru tanpa harus menggangu dan merubah modul yang lain. Berikut ini keuntungan dari penggunaan OOP dalam pemograman :

  1. Reusability (kemampuan untuk digunakan kembali). Kode yang dibuat dapat digunakan kembali di aplikasi atau program lainnya.
  2. Extensibility (Kemampuan untuk dapat dikembangkan). Kita dapat membuat method yang baru atau mengubah yang sudah ada sesuai dengan yang kita inginkan tanpa harus membuat kode dari awal.
  3. Maintainability (Kemampuan untuk mudah dikelola), kode yang sudah dibuat lebih mudah untuk di maintain/manage. Apabila aplikasi yang dibuat adalah aplikasi dengan skala besar dan apabila terjadi error atau kesalahan maka dengan OOP hal tersebut mudah ditangani karena pemograman yang menggunakan OOP sudah modularitas(memecahkan program yang besar menjadi bagian-bagian kecil) sehingga perbaikan cukup pada modul-modul tertentu saja tanpa harus mengubah modul yang lainnya.
Empat konsep utama OOP

Dalam pemograman OOP, ada empat hal yang harus diperhatikan karena hal tersebut merupakan konsep vital dari OOP tersebut. Berikut ini konsep tiga konsep utama tersebut:

  1. Encapsulation/pembungkusan, merupakan penyembunyian informasi melalui private dan protected.
  2. Inheritance/pewarisan, adalah kemampuan untuk membuat class turunan yang mewarisi property dan method dari kelas induk.
  3. Abtraction/abtraksi, adalah sebuah konsep yang merupakan representasi abstrak dari konsep dalam pemograman, misalnya objek mobil merupakan representasi abstrak dari mobil dalam dunia nyata.
  4. Polymorphism/banyak bentuk, seorang programer bisa memakai method dengan nama yang sama pada class-class yang berbeda.

Untuk sementara cukup sampai di sini dulu, lain waktu saya akan menulis kelanjutannya, jangan lupa berikan juga +1 Google sahabat di tulisan ini

Kami (Catatan Belajar) juga hadir di Facebook, like kami ya klik tombol berikut:

 
Signature :

No copy paste content please…. If you want do that, please include the original source. Original Post by catatanbelajar.com, written by Ivo Idham Perdameian, Google plus profile.

  1. Kok cuma Lesson I pak yang II dstnya mana?

  2. Lesson II nya mana om?? Ditunggu ya…

  3. Ayo Bang Ivo,,, Semangat ajarkan kita2,,, :D

    • Weh Roni, ternyata bisa manpir ke sini juga toh…., nah itu dia kadang semangat hilang yang membuat tak terlanjutkan hehe…
      Dukung CB(Catatan Belajar) ya, like fb-nya dan tambahkan kelingkaran Google+ juga. :)

  4. Gan yg Part II nya gak ada ya…? o.O

  5. mantap gan ane juga mw share aplikasi php berbasis oop bisa visit ke http://jamalcyber.byethost7.com/berita-106-belajar-oop-dengan-php.html

Tinggalkan Balasan